expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Jumat, 26 September 2014

Fungsi


PENGERTIAN DAN UNSUR-UNSUR FUNGSI

Fungsi adalah suatu bentuk hubungan matematis yang menyatakan hubungan ketergantungan (hubungan fungsional) antara satu variabel dengan variabel lain.Unsur-unsur yang berada dalam suatu fungsi adalah variabel,koefisien dan konstanta.
Variabel adalah unsur pembentuk fungsi yang mencerminkan atau mewakili factor tertentu.Ada dua macam variabel dalam suatu fungsi yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas adalah variabel yang nilainya tidak tergantung pada variabel lain, sedangkan variabel terikat ialah variabel yang nilainya tergantung pada variabel lainnya.
Koefisien dan Konstanta.Koefisien adalah bilangan atau angka yang terkait pada dan terletak di depan suatu variabel dalam sebuah fungsi.Konstanta adalah bilangan atau angka yang (kadang-kadang) turut membentuk sebuah fungsi tetapi berdiri sendiri sebagai bilangan dan tidak terkait pada suatu variabel tertentu.



5.2 JENIS-JENIS FUNGSI             
FUNGSI
↓                                                                      ↓
                                Fungsi Aljabar                                               Fungsi non-Aljabar(transenden)
↓                                                     ↓
F.Irrasional                                 F.Irrasional
↓                                    ↓
F.Polinom                             F.Pangkat                             F.Eksponensial
F. Linear                                                                            F.Logaritmik
F.Kuadrat                                                                          F.Trigonometrik
F.Kubik                                                                                   F.Hiperbolik
F.Bikuadrat
Fungsi polinom ialah fungsi yang mengandung banyak suku (polinom ) dalam variabel bebasnya.Bentuk umum nya : y= α0 +  α 1x + α2x2 +  … + αnxn .
Fungsi linear ialah fungsi polinom khusus yang pangkat tertinggi dari variabelnya adalah pangkat satu.Bentuk umumnya : y = α0 + α1x dimana α0 adalah konstanta dan α1 ≠ 0.
Fungsi kuadrat ialah fungsi polinom yang pangkat tertinggi dari variabelnya adalah pangkat dua.Bentuk umumnya : y= α0+ α1x+α 2x2.    α0 ialah konstanta   α 1 dan  α2 ialah koefisien  , α2≠0.
Fungsi berderajat n ialah fungsi yang pangkat tertinggi dari variabelnya ialah pangkat n (n = bilangan nyata).Bentuk umumnya :y =   α0+ α1x+α 2x2+…..α n-1 xn-1+ αnxn.Dimana α0 ialah konstanta ,α1 dan  α2 ialah koefisien,α2≠0.
Fungsi pangkat ialah fungsi yang varabel bebasnya berpangkat sebuah bilangan nyata  bukan nol .Bentuk umumnya: y= xn ,n=bilangan nyata bukan nol.
Fungsi eksponensial ialah fungsi yang variabel bebasnya merupakan pangkat dari suatu konstanta bukan nol.Bentuk umumnya:y=nx ,n>0.
Fungsi logaritmik ialah fungsi balik dari fungsi eksponensial ,variabel bebasnya merupakan bilangan logaritmik.Bentuk umumnya ialah : y= nlogx.
Fungsi trigonometric dan fungsi hiperbolik ialah fungsi yang variael bebasnya merupakan bilangan-bilangan geneometrik.Contoh persemaan trigonometric : y=sin 5x .

Filenya dapat d klik dibawah ini:
1. http://mercubuana.ac.id/files/ATY%20HERAWATI%20-%20MATIMATIKA%20BISNIS---OK---14%20(Ganjil%200910)/Modul%204%20Fungsi%20Linier.doc
2. vvvvvv
3. bbbbbbbbbbb
4. Ali T

Tidak ada komentar:

Posting Komentar